JENIS – JENIS WEBSITE

JENIS WEBSITE BERDASARKAN SYSTEM

System yang dimaksud adalah karakter teknis dalam membangun sebuah website. Dari berbagai sumber, kami mengelompokan website berdasarkan system ini menjadi 3 jenis kelompok.

  1. Website Statis (Static Website)

Sebuah website statis dapat dikatakan adalah bentuk paling sederhana dari membangun sebuah website, di mana konten situs disampaikan tanpa perlunya database atau pengolahan dari sisi server. Website statis ini sering digunakan untuk situs-situs sederhana yang minim interaksi pengguna/pengunjung, misalkan situs brosur, profil perusahaan sederhana, dan lain sebagainya. Sebuah website statis juga dapat mencakup grafis yang cukup kompleks, animasi dan fitur JavaScript di dalamnya.

Keterbatasan dari website statis adalah bahwa mereka tidak dapat menghadirkan interaksi pengguna yang lebih kompleks, karena mereka tidak terhubung dengan pengelolaan database dan proses dari sisi server. Keterbatasan seperti dalam mengumpulkan informasi dari pengguna atau melayani konten yang tergantung pada interaksi pengguna. Website yang cukup besar yang dibangun dengan metoda statis ini  dapat memakan waktu untuk mengembangkan dan lebih sulit untuk memperbarui karena perubahan perlu diterapkan secara individu pada setiap halaman situs waktu. Gambaran sederhananya adalah pada website statis, setiap halaman akan dibangun dengan pengkodean masing-masing per halamannya. Penambahan halaman baru berarti membangun dengan coding dari A sampai Z untuk konten halaman tersebut.

Namun, jika tidak memerlukan situs besar atau interaksi pengguna yang canggih atau rumit, website statis yang dikembangkan menggunakan XHTML dan CSS dapat menyediakan coding website yang relatif lebih bersih, compact/relatif lebih sederhana dan menjadikannya lebih akrab dengan mesin pencari.

  1. Website Dinamis (Dynamic Websites)

Website dinamis atau dynamic website bergantung pada scripting di sisi sever untuk menyajikan interaksi dengan pengguna dan biasanya dynamic website ini menggunakan database untuk menyajikan/memberikan konten untuk setiap halaman website. Website dinamis biasanya banyak dipergunakan untuk mengembangkan website dengan skala besar atau website dengan konten yang dinilai lebih efektif bila menggunakan pengelolaan database serta yang memerlukan kemampuan lain seperti menyortir konten atau hasil pencarian, fitur login atau data member website dan seterusnya. Contoh misalnya, website katalog, album foto, toko online dan lain sebagainya.

Website dinamis dapat menghasilkan/membuat halaman situs dengan cepat, menggunakan database untuk menyimpan dan menyampaikan konten adalah cara yang efisien untuk mengelola situs skala besar, dengan pemeliharaan dan pegelolaan konten yang jauh lebih mudah daripada website statis. Salah satu kelemahan dari website dinamis adalah penerapan teknik Search Engine Optimisation (SEO) yang lebih sulit, terutama jika kebutuhan SEO situs tidak diperhitungkan pada tahap pembuatan.

  1. Flash Website

Flash adalah sebuah teknologi yang cukup canggih untuk membangun seluruh situs/website. Membangun website dengan Flash dapat menyuguhkan visual dan interaksi yang menakjubkan bagi pengguna. Namun, dengan Flash hampir tidak mungkin untuk menerapkan teknik Search Engine Optimisation (SEO) dan seringkali memerlukan resource yang cukup tinggi untuk menjalankannya. Sampai saat ini penggunaan Flash untuk membangun website sudah semakin sedikit, bahkan sudah banyak pengembang website yang menghindari penggunaan Flash pada website.

JENIS WEBSITE BERDASARKAN FUNGSI

Semakin majunya perkembangan teknologi internet, teknologi website dan juga berkembangnya keperluan serta ide-ide kreatif, maka makin banyak jenis-jenis website yang muncul saat ini. Berikut adalah yang kami rangkum berdasarkan fungsi dari website itu sendiri.

  1. Search Engine atau Mesin Pencarian
    Search Engine atau mesin pencari adalah jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau “keywords” yang dicari oleh user. Beberapa contoh search engine antara lain :Google SearchBingYahoo Search dan lain-lain.
  2. Web Portal.
    Web Portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan diarahkan ke sumber yang aslinya.. Beberapa contoh web portal antara lain :Yahoomsnmsnbcdan lain-lain.
  3. Wiki.
    Website wiki yang paling terkenal saat ini adalah wikipedia. Website wiki adalah website yang mengijinkan pengunjung untuk ikut menulis dan mengedit artikel yang ada dalam website tersebut dengan mengacu pada  peraturan-peraturan tertentu. Masing-masing website wiki memiliki aturan yang berbeda-beda. Biasanya, meskipun semua pengunjung bebas untuk menulis dan mengedit artikel di website ini, namun ada sekelompok orang yang bertugas untuk memeriksa konten yang dimuat apakah layak atau tidak untuk website tersebut. Meskipun website wiki sering menjadi sumber referensi namun tidak semua informasi yang ada dapat dipercaya 100%.
  4. Archieve Site
    Archieve site atau situs arsip adalah website yang dibuat untuk mengumpulkan dan menyimpan materi-materi elektronik berupa konten-konten dan halaman-halaman website agar tidak hilang/punah. Contohnya archieve.org.
  5. Social Networking/Social Media                                                                                           Situs social networking atau situs pertemanan online adalah situs yang disediakan bagi para membernya untuk bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto, musik dan video. Beberapa situs social networking yang terkenal sebelum fenomena Facebook dan Twitter antara lain Multiply, Friendster dan MySpace..
  6. Forum
    Forum termasuk salah satu jenis website yang pernah menjamur di Indonesia. Forum dibuat untuk ajang diskusi dan tukar informasi. Ada yang spesifik ada juga yang bersifat umum, dan dalam forum ini terdapat sub-sub forum berdasarkan kategori-kategori tertentu yang ditetapkan oleh admin. Untuk membangun sebuah forum yang lengkap membutuhkan waktu yang sangat banyak. Untungnya sudah tersedia software-software pembuat forum yang siap pakai, baik yang gratis ataupun berbayar. Software pembuat forum yang terkenal adalah vBulletin, yang digunakan oleh kaskus dan banyak forum-forum internet lainnya. Sedangkan beberapa forum gratisan dan open-source antara lain : yabb, vanilla, SMF, phpbb dan lain-lain. Sedangkan contoh website forum antara lain KaskusModifikasidetikForumdan lain-lain.
  7. Portal Berita dan Informasi
    Portal berita dan informnasi adalah situs yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita dan target pembacanya. Beberapa contoh situs berita adalah detikkompascosmopolitandan lain-lain.
  8. Social Bookmarking
    Social bookmarking adalah situs yang mengijinkan user untuk memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh user lainnya. Situs jenis ini sering digunakan oleh pemilik situs berita, blog dan situs-situs lainnya untuk mempromosikan konten situs mereka. Beberapa situs social bookmarking yang terkenal adalah Lintas BeritaDiggdan stumbleupon
  9. Media Sharing
    Situs ini khusus disediakan bagi user untuk meng-upload media-media elektroknik seperti gambaer, musik dan video agar dapat dilihat atau di download oleh pengunjung lain. Contohnya adalah YoutubeFlickrImageshackdll.
  10. Cloud
    Situs jenis cloud ini adalah pengembangan dari situs media sharing dimana situs ini memberikan fasilitas penyimpanan file sekaligus berbagi file bagi anggotanya dengan fitur canggih sinkronisasi file, dimana pengguna dapat melakukan sinkronisasi otomatis file-file tertentu di komputer atau gadget mereka dengan cloud server tanpa perlu melakukan upload file manual. Beberapa contoh website cloud antara lain Dropbox, SkyDrive dan GoogleDrive.
  11. Company Profile
    Company profile biasanya berupa website sederhana untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio sebuah perusahaan. Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan meskipun juga dapat menjadi alat promosi jika dikelola dengan benar. Selain profil,produk dan portfolio berupa konten teks dan foto atau video, fitur form kontak termasuk yang penting dalam website ini agar pengunjung dapat dengan mudah menghubungi perusahaan pemilik website jika mereka memerlukan produk atau jasa perusahaan tersebut. Namun belakangan ini situs Company Profile semakin berkembang dengan menambahkan fitur-fitur tertentu seperti artikel-artikel terkait, bahkan forum diskusi. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bisnis melalui dunia maya.
  12. Corporate Website
    Berbeda dengan company profile, Corporate Website biasanya lebih kompleks atau bisa juga disebut Company Web Portal. Website ini berisi informasi lengkap dari latar belakang hingga kegiatan-kegiatan suatu perusahaan, organisasi atau yayasan sosial baik yang bersifat profitable ataupun non-profit. Informasi-informasi dalam corporate website bisa berupa profile perusahaan/organisasi, latar belakang, visi dan misi, daftar founder dan pengurus, informasi investor dan klien hingga laporan keuangan, afiliasi dan lain-lain serta artikel-artikel dan berita-berita yang terkait dengan kegiatan perusahaan/organisasi tersebut. Contoh corporate website antara lain, Pertamina,General Motorsdan lain-lain.
  13. Brand Building Website (Branding Website)
    Brand Building Website dibuat untuk memperkenalkan serta membangun image sebuah brand. Yang paling menonjol dari website seperti ini adalah konsep untuk menyampaikan pesan sesuai dengan image yang akan dibangun. Fiturnya sangat beragam dan biasanya cukup kompleks seperti animasi, game, video dan fitur-fitur interaktif lainnya. Belakangan Brand Building website juga sering diintegrasikan dengan social media seperti Facebook, Twitter hingga blog. Brand Building website sering dimanfaatkan oleh produk-produk fast moving consumer goods misalnya groseri, soft drinks, snack dan lain-lain. Sebuah website branding sebaiknya dikelola secara dinamis dan selalu diupdate secara rutin untuk menciptakan “customer engagement
  14. Blog
    Blog adalah sebuah website yang berbentuk seperti jurnal atau diari online. Biasa digunakan seorang blogger untuk mengeskpresikan pemikiran dan opini-opininya. Bisa juga artikel-artikel seputar kegiatan blogger. Bisa berisi tulisan maupun media gambar, video dan lainnya. Setiap artikel biasanya disertai kolom komentar dimana pengunjung blog bisa meninggalkan komentar atau berdiskusi mengenai artikel yang ditulis.
  15. Portal Komersil
    Portal komersil lahir dari konsep iklan baris, dimana melalui portal ini member dapat menjual produk dan jasa mereka tanpa perlu membangun website sendiri. Contoh portal komersil adalah JobsDB, Toko Bagus, Berniaga, Rumah.com dan masih banyak lagi.
  16.  Directory                                                                                                                                Website berjenis ‘Directory’ ini menyajikan informasi data terhadap hal yang spesifik, misalnya data alamat-alamat restoran di berbagai kota dan lain sebagainya.  Gambaran website jenis ini kurang lebih seperti Yellopages, tetapi tidak terbentur hanya pada pencarian tempat atau perusahaan tapi juga bisa bidang/hal lainnya, contohnya seperti website Wadahpengantin.com.
  17.  Email & Aplikasi                                                                                                                   Kita mengenal yang namanya Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook. Walaupun masih ada website lain yang memberikan layanan yang sama tetapi 3 website ini adalah yang paling populer. Ini adalah website-website jenis email atau yang memberikan layanan email. Website seperti ini seakan-akan bukan lagi hanya sekedar website biasa tetapi sebuah website yang sudah menjadi (seperti) aplikasi, layaknya kita menggunakan aplikasi email client di komputer atau perangkat mobile kita. Beberapa layanan bahkan juga memasukan fasiltas lain yang bukan sekedar email, tetapi juga fasilitas Calendar dan bahkan sampai ke pengolahan dokumen online. Website yang memiliki fungsi aplikasi ini tidak hanya bergerak dibidang email maupun pengolahan dokumen, tetapi juga bidang lainnya, ada website yang menawarkan layanan untuk pengolahan data keuangan (finance), project management dan lain sebagainya. Transaksi keuangan ataupun perbankan kami memasukan mereka dalam kategori Website Aplikasi.
  18.  Game Online                                                                                                                      Salah satu jenis website di mana di dalamnya memberikan layanan utama bermain game secara online. Website game online ini ada yang berskala kecil, seperti flash game, sampai dengan skala besar seperti multiplayer game.
  19.  E-LearninG                                                                                                                               Jenis webiste E-Learning adalah website yang memberikan layanan belajar atau kuliah online. Banyak bidang materi pelajaran yang disuguhkan, umumnya website jenis ini memberikan layanan secara berbayar walaupun ada beberapa yang memberikan secara gratis. Website E-Learning biasanya mirip dengan karakter sekolah, kita bisa belajar dengan membaca bahan tulisan atau melalui audio visual bahkan dengan media interaktif, ada fitur untuk latihan, test (exam) regular dan test final. Website E-Learning juga biasanya memberikan ‘Sertifikat’ bagi member yang telah selesai dan lulus test pelajaran/materi yang diikuti. Belakang ini mungkin kita suka mendengan istilah ‘webminar’, secara umum bisa diartikan seminar melalu media website. Website seperti inipun dapat masuk kedalam kategori/jenis E-Learning.
  20.  E-Commerce                                                                                                                                  Website atau situs toko online, katalog online, dan yang menyerupai, itu merupakan website berjenis E-Commerce. Memiliki tujuan untuk ‘berjualan’ secara online. Contoh dari situs E-Commerce adalah JakartaNotebook, Lazada, Buka Lapak, dan lain sebagainya.

Demikian jenis-jenis website yang bisa anda kenal kalau dikelompokan berdasarkan fungsinya

 

SEMOGA BERMANFAAT 🙂

DAFTAR PUSTAKA

https://sanggarweb.com/jenis-website-tipe-tipe-website/

https://sanggarweb.com/jenis-website-tipe-tipe-website/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s